Sabtu, 01 Agustus 2009



AKU SEORANG BLOGGER...(sebuah kisah balik)


Artikel ini adalah salah satu dari tiga bagian tulisan dengan tajuk "1 hari 3 posting" dalam rangka peluncuran blog pribadi milik aan. Tulisan-tulisan lainnya dan semua hal terkait hari peluncuran blog pribadi ini bisa anda klik disini!!! ( ada program gratisnya!!!)


aku seorang blogger:aan's tbubnail image

SEORANG BLOGGER???.Rasanya aku belum pantas untuk menyandang sebutan tersebut selain juga aku juga belum pede karna aku memang belum bisa menggantungkan hidup dari aktivitas ini. Tapi, aku yakin bahwa bila aku terus aktif dengan hobbyku ini, sebutan THE REAL OF A BLOGGGER bukan mustahil untuk aku sandang ke depannya.


Perkenalanku dengan komputer dimulai ketika aku duduk di bangku SLTA. Itupun aku katakan bukan dari sekolah karena aku di sekolah mengambil jurusan Tata Busana. Jadi, aku mengenal komputer lebih banyak di luar sekolah,lebih tepatnya di kamar teman kostku.Secara kebetulan pula temanku membuka sebuah rental pengetikan, sehingga disanalah pelajaran otodidakku aku mulai. Setiap tidak bekerja atau tidak ada aktivitas, aku menyempatkan diri mampir ke perpustaan kota Metro, Lampung untuk mencari buku panduan belajar komputer, kucatat hal-hal penting.lalu pergi ke rental temanku dan menanyakan mana kerjaan mengetiknya yang belum kelar dan jangka waktu diambilnya masih dua atau tiga hari kedepan.

Lalu, aku selelaikan kerjaan tersebut, setelah selesai, maka aku bebas untuk main komputer yang selanjutnya aku pakai untuk untuk mempraktekkan hal-hal yang aku catat dari buku di perpustakaan. Dirental inilah, aku mendapat dua ilmu yang kupelajari secara otodidak; Mengetik dengan 10 jari dan dasar-dasar komputer.

Yang kumaksud dasar komputer adalah sebatas kenal dan memakai aplikasi sejenis Ms.word, Excel, Dll.





Tahun 2006.

Nasib hidup telah menempatkan ragaku di pulau dewata ini.Aku bekerja di bidangl yang sungguh jauh dari sewaktu aku inginkan ketika meninggalkan daerahku menuju Pulau jawa.

Sepulang bekerja, aku sering merasa jenuh atau lebih tepatnya kesepian.Aktifitasku selain tidur adalah pergi ke toko buku Gramedia sekali dua kali untuk melihat-lihat buku yang ingin aku beli bila masa gajian telah tiba.

Jenuh dan kesepian sudah tak tertahankan lagi, lalu aku iseng- iseng mampir ke warnet. Tapi, aku bingung apa yang akan aku lakukan?. Browsing aku bisa. tapi jenuh juga. Lalu, aku mulai dengan aktivitas chatting dengan memakai YM.sialnya, aku tak tahu cara makainya. Akhirnya aku membeli buku panduan chatting. Lagi -lagi dan lagi di Gramedia.


Begitulah, hari hari aku lalui dengan chatting dan browsing sampai jenuhpun tiba.hingga suatu saat ketika chatting, aku menemukan sebuah situs tentang "menghasilkan uang melalui internet". aku tertarik. dan aku print beberapa halaman tersebut lalu aku bawa pulang.

Dalam halaman tersebut menjelaskan sistem affiliasi dalam dunia internet. Di jelaskan bagaimana cara membuat halaman web dengan gampang yaitu cukup dengan mengetik di ms.word lalu save dengan ektensi .html. beres!.Semudah itukah?.. AKU SEMAKIN PENASARAN.


Aku semakin banyak mencari informasi mengenai hal tersebut,lalu hingga sampailah aku pada fikiran,"kalau mau belajar di bidang ini, berarti aku harus mempunyai komputer."Kebetulan sekali, teman satu kostku, bli Wayan namanya, mempunyai sebuah monitor yang tidak terpakai. Maka, akupun mencari informasi untuk mencari sebuah CPU dengan harga miring,sampai akhirnya aku menemukannya dan terjadilah transaksi untuk pembelian CPU. Lengkaplah sudah, aku sekarang mempunyai sebuah komputer BUTUT yang menemani hari-hari ku dengan belajar di bimbing oleh keingina tahuan dan penasaran.


bulan-bulan akhir tahun 2006

Aku masih berkutat dengan bidang affiliate yang tak kunjung juga mendatangkan dollar. Sampai suatu ketika, sewaktu aku ke gramedia aku malihat dan tertarik dengan sebuah buku yang mengulas mengenai internet marketing dan didalamnya tercantum nama "anne ahira" dengan asianbrain.com-nya (yang katanya seorang internet marketer kelas internasional).Hari itu juga, aku langsung ke warnet (tentunya setelah mebeli buku tersebut dan membacanya) dan langsung membuka asianbrain.com

Aku tertarik dengan sales letter Anne Ahira. Tapi belum cukup untuk membuatku bergabung dengan asianbrain. ketika aku mampir di Circle K pantai kuta untuk membeli sebotol aqua, sekilas aku melihat majalah (yang kalau tidak salah adalah majalah WIRAUSAHA). yang menampilkan photo anne ahira di covernya. maka, malamnya aku langsung balik ke circle k untuk membeli majalah tersebut. Akupun semakin kepincut dengan dunia internetmarketing karna didalamnya juga menampilkan profil teman-teman ahira yang telah sukses-katanya-.Dan yang lebih sukses tentunya adalah si anne ahira dengan asian brainya, karena disebabkan oleh tulisan dalam majalah tersebut maka hatiku tertarik untuk belajar di asianbrain.com


Pada akhirnya, aku memutuskan untuk bergabung dengan asianbrainnya ahira dengan meyetor biaya keanggotaan Rp150.000 untuk bulan pertama (dan bulan-bulan selanjutnya aku lupa, mungkin Rp125.000).Disitulah, aku mengenal dasar-dasar internet marketing (seandainya aku lebih pintar, ilmu seperti itupun bisa aku dapatkan di dunia internet tanpa harus membayar.....nasib). Terbukalah wawasanku, apa itu pengertian affiliasi atau affiliate, Adsense, PPC, PPS, dll. dan hal utama yang aku ingat adalah: untuk terjun ke dunia internet marketing maka aku harus mempunyai website, untuk mendaftar google adsense dengan mudah maka gunakanlah blog dengan platform blogger karena blogger adalah milik google.


Disinilah awal mula aku mengenal Blogger, tapi, aku mendaftar di Blogger semata-mata hanya untuk mencari persetujuan secara cepat dari Google untuk Adsensenya.

Aku mulai mendaftar blog dengan platform blogger. Blog pertamaku pun sangat sederhana, dan yang lebih parah, konten nya pun aku copas dari situs lain pada hari itu juga. Selanjutnya, aku mendaftarkan blog perdanaku ke Adsense. Hebatnya, tidak butuh waktu lama untuk menunggu bloggku di approve sebagai publishernya.


Masa pembayaran untuk bulan ke dua keanggotaanku di asianbrain.com hampir tiba, tapi aku berfikir, untuk membuat web aku masih bingung karna di asianbrain hanya dijelaskan secara umum, bukan ekplisit. dan tentu, bila aku terus bergabung sebagai member asianbrain.com sedangkan di sisi lain untuk membuat sebuah web saja aku belum bisa tentu akan memboroskan dana. Memang, di asianbrain dikatakan untuk membuat web dengan gampang bisa dengan menggunakan progam editor Microsoft Frontpage.tapi, tutorial secara detailnya kurang lengkap, menurutku.

Maka, aku putuskan untuk tidak melanjutkan keanggotaanku di asianbrain atau keluar untuk lebih fokus belajar bagaiman cara membuat sebuah website hingga aku betul- betul mengerti, paham, dan bisa..


2007 awal

Hari-hariku aku isi dengan aktifitas ke Gramedia untuk membeli buku panduan membuat web, belajar di kost sampai pagi (jam 2,3,atau bahkan jam 5 pagi), dan warnet untuk melihat hasil web buatanku di situs penyedia hosting gratis. aku masih ingat, buku pertama mengenai pembuatan web dengan mudah adalah sebuah buku dengan judul "membangun situs web dengan frontpage xp " karya Djoko Pramono yang aku beli di GRAMEDIA MALL BALI GALERI denga harga Rp72.800. Yah, pertama memang hanya bisa dengan sistem editor WYSWYG (what you see is what you get).


Suatu saat, ketika berhadapan dengan form, aku mengerti bahwa suatu form semisal form login, pemrosesan datanya berhubungan dengan database.Karna aku masih membuat web dengan sistem WYSWYG yang menurutku akan menjadi sulit bila harus berhubungan dengan database. Sehingga, aku putuskan aku harus belajar dari sisi kode, sekali lagi kode-kodenya atau tagnya, bukan yang hanya klak dan klik lalu lihat hasil jadinya. .


Sampailah aku pada titik dimana aku belajar coding web. Dari html, setelah html agak mengerti, lalu Css.sempat ingin belajar ASP tapi karna jarang webserver yang memakai ASP maka ku putuskan pindah ke PHP (padahal buku panduan Belajar ASP sudah aku beli dan baru di baca trus praktek setengah), juga javascript ( yang belum sempat di pelajari sama sekali...baru baca)fireworks sebagai pengolah gambar favoritku untuk mengolah image web (karena untuk Photoshop, aku merasa kasihan dengan kompi jadulku).hingga akhirnya aplikasi Macromedia Dreamweaver (sekarang ADOBE DREAMWEAVER) menjadi editor favoritku hingga sekarang untuk mengolah html dan lain-lain yang berhubungan dengan web.

Begitulah, aku hidup dalam dunia yangmembosankan:kerja, warnet, Gramedia, kos dengan komputer butut untuk belajar secara otodidak.Sampailah aku pada suatu masa dimana aku sedang setengah mempelajari PHP (HTMLl dan Css sudah kuanggap bisa, walaupun tidak sepenuhnya) tiba-tiba timbul pernyataan dalam otakku" tujuanku adalah internet marketing bukan web programmer, lalu kalau terus terusan belajar web programming, kapan aku mulai internet marketingku???. Tidak usahlah dengan web-web yang rumit dan harus membeli domain dan sewa hosting, kan kamu bisa mulai dari sekarang dengan yang gratis, blog misalnya!!!!".

Maka, aku pun tinggalkan pelajaran php-ku yang masih jalan setengah (kalau tidak salah, waktu itu masih pada tahap pemrosesan form seperti database, buku tamu, dll.)dan beralih untuk membuat blog.


Alhamdulillah, html dan css yang aku pelajari berguna dalam kegiatanku ngeblog. lalu akupun sibuk dengan mendalami blog, dari pertama tidak tau apa-apa sampai tertarik untuk mengamati format template suatu blog..dan utak-atik adalah hobbi.


2008 AKHIR.

Sekitar bulan November akhir, aku mulai mengalami krisis keuangan dalam hidupku, sedangkan dollar dari dunia internet yang ternyata tidak mudah belum juga terkumpul.Sedangkan, untuk kegiatan ngenetku, aku memang boros. bayangkan, aku biasa nongkrong di warnet langgananku yang tarifnya rp4000/jam sampai pagi, minimal aku pulang jam 2/ 3 pagi. kadang sampai jam 5.GILA!!!!kalaupun aku ngenet dari kamar kost dengan memakai modem yang sudah aku beli, maka cost yang aku keluarkan akan menjadi lebih banyak.Pada waktu itu, tarif internet belum ada yang "banting harga" seperti saat ini. Akhirnya,Desember 2008 aku putuskan untuk meninggalkan kegiatan onlineku sementara waktu dan otomatis kutinggalkan blog-blogku.


Desember 2008 - Juli 2009

Dasar sudah hobby dan keranjingan, walaupun keuanganku sedang terkena dampak krisis global :-). aku masih menyempatkan online sekali dua kali. Tetapi, bukan blog yang aku urus karna aku hanya sebentar di warnet,antara setengah jam sampai satu jam. Kegiatanku cuma cek email dan browsing sebentar untuk membaca-baca informasi.


Awal juli 2009

Semangat online untuk meneruskan nasib blog-blogku semakin menyala. Alhamdulillah aku menemuka sebuah tempat enak untuk online dengan harga yang tidak menguras kantong tepatnya sebuah tempat game online dengan fasilitas warnet dengan tarif Rp2000/jam bertempat di kawasan pertokoan Genteng biru, Denpasar. Tapi, agak disesalkan setelah 6 bulanan lebih aku tinggalkan aktifitasku, aku mulai agak lupa dengan Html dan css (kalu php dah kelaout, tak ingat sama sekali..)yang telah aku kuasai sebelumnya. 6 bulanan yang lalu, aku sudah mulai bisa menganalisa sebuah template blogger lalu membuat modifikasinya atau sebuah template baru dari template tersebut, tapi....sekarang aku harus merefresh otakku lagi.

Yang lebih buruk, blog-blogku yang sebelumnya sudah mempunya Google PR rata-rata 2, berubah menjadi nol atau turun menjadi satu setelah sekianlama tak aku urus.Padahal, untuk mendapatkan itu aku harus berjuang... tapi..sekarang tiba-tiba saja jadi nol!!!!


Begitulah perjalananku dalam ngeblog. Kupilih platform blogger bukanlah karna aku malas belajar yang lain, Tapi lebih karna saat ini aku masih matre. dengan blogger, google akan lebih mudah mencrawl isi blog-blog ku daripada platform lain.Terlebih lagi, webblog platform blogger lebih mudah dalam hal kostumisasi atau dalam bahasaku "utak-atik", yang jelas blogger sangat full utak-atik dibandingkan platform lain, Wordpres misalnya. Dengan bermodal html dan css, maka sudah cukup untuk "utak-atik" Blogger. Menjadi nilai plus bila javascript-pun dikuasai.

Bila waktunya telah tiba, aku-pun ingin belajar PHP (termasuk bahasa lain semisal asp, cgi, perl, Sql,dll.) kembali dan tentu memakai platform blogger lain seperti wordpress dan lain-lain.


Aku masih jatuh bangun demi menggapai obsesiku.Obsesi yang di luar pemikiran orang-orang seusiaku di sekelilingku. Juga tak pernah ada yang tahu bahwa bukan sekali saja aku jatuh dan terjebak dalam bisnis online yang bersifat scam (penipuan) yang cukup menguras keuanganku dengan sia-sia. Tapi kuanggap itu semua sebagai pelajaran dan pengalaman dalam perjuanganku.


Seorang internet marketing...???yah, itulah obsesi utamaku.Kalau HONDA mempunyai motto"THE POWER OF DREAM" maka mottoku adalah"THE POWER OF OBSESSION".Aku terus mengejar untuk meraih apa yang menjadi obsesiku, obsesi dalam hidupku.karena, obsesiku yang lain telah menunggu untuk diraih setelah obsesiku ini tercapai. Untuk saat ini, aktifitas ini memang belum bisa menghidupiku, tapi, suatu saat aku yakin BISA!!.dan aku pasti bisa menjadi seorang "THE REAL OF BLOGGER Matre" yang layak disebut "REAL BLOGGER" yah,..ngeblog sebagai jalan hidup dan yang menghidupi.


Orang menganggapku gila, tapi siapa yang tahu dengan waktu yang ada didepan???? adakah yang tahu bahwa di depan sana telah menungguku sebuah garis kegagalan atau kesuksesan???. tak ada satupun yang tahu. oleh sebab itu, sebelum aku mencapai titik finis GAGAL atau SUKSES maka aku akan terus berusaha untuk mewujudkan obsesiku.

Orang lain menganggapku gila, biarlah..aku memang gila, orang yang gila dengan obsesinya. Aku adalah" a crazy store keeper, who wanna be the real of a blogger MATRE"


JADIKANLAN OBSESI DAN MIMPI SEBAGAI SEMANGAT DAN TUJUAN DALAM MELANGKAH!!!

VIVA BLOGGER, BRAVO BLOGGER, LONG LIFE INDONESIAN BLOGGERS!!!



0 komentar:

Posting Komentar