Jumat, 10 Juli 2009



layanan googlepages akan tutup, apa pengganti terbaiknya?

google pages thumnbnail image

Google pages, sebagai layanan penyedia situs pribadi gratis dari google akan segera ditutup. Untuk saat ini google pages sudah tidak menerima pendaftaran akun baru. Menurut google, googlepages ini akan di ganti dengan google sites. Sebuah layanan gratis pula untuk pembuatan situs secara gampang dan mudah tanpa diperlukan pengetahuan akan web programming oleh pemakainya. Sepertinya, layanan ini adalah sebagai saingan dari yahoo geocities.


Selama ini, Aan memakai google pages bukan untuk membuat sebuah halaman web, tapi sebagai backup dari web dan blog-blog milikku.Maksudnya, Saya hanya menggunakan google pages untuk menyimpan semua image, script seperti script css dan javascript, dan semua file-file penunjang web dan blog saya. Saya memilih googlepages karna kapasitas peyimpanannya yang sangat besar dan ditambah kecepatan uploadnya yang luar biasa.



Setelah google pages ini tutup, aan bingung...dimana akan ku simpan semua file-file penunjang web dan blognya aan?.

Kemarin sih dah coba google site yang akan dijadikan pengganti google pages oleh google. tapi, menurut aan bila keperluannya adalah sebagai media storage/penyimpanan, google pages tetap lebih bagus daripada googlesite. Lagi, di google sites aan belum menemukan link untuk upload file, entah saya yang bodoh atau memang tidak tersedia fasilitas upload file? tak taulah.


Alternatif untuk penyimpana image? selama ini sebagian rekan-rekan blogger menggunakan picassa web album ataupun flikr (layanan gratis dari yahoo). Kemarin-pun saya coba kedua layanan tersebut, tapi tetap masih kalah bila dibandingkan dengan google pages terutama dalam hal kecepatan upload.


Sebagai perbandingan, saya mengupload sebuah image dengan kapasitas 420kb ke flikr dan picassa. Tapi, alamakk.....saya harus menunggu sangat lama hanya untuk mengapload satu gambar tersebut. Sedangkan, gambar yang lain sudah antri untuk di upload. Lalu saya coba mengaploadnya di google pages.WUSSSSSS.tidak sampai setengah menit, gambar sudah terupload lalu bergantian dengan file-file lainnya.


Kemudian, bila nantinya, googlepages benar-benar dah off, layanan apa yang bisa sekelas google pages dalam hal kecepatan upload file?. Adakah rekan -rekan tahu? silahkan sharing ke saya....saya sangat berharap ada yang bisa sharing.....


GOOGLEPAGES HILANG = AKUPUN KELIMPUNGAN.


2 komentar:

Tongkonan mengatakan...

Yahoo Geocities juga mau ditutup khan?

mas Aan mengatakan...

bener sekali mas...

Posting Komentar